Minggu, 09 April 2017

Perencanaan, Instruksi, dan Teknologi




PERENCANAAN, INSTRUKSI, DAN TEKNOLOGI

PERENCANAAN

Perencanaan Intruksional adalah pengembangan atau penyusunan strategi sistematik dan tertata untuk merencanakan pelajaran.
Kerangka Waktu
·         Apa yang perlu dilakukan
1.      Menentukan tujuan intruksional
2.      Merencanakan kegiatan
3.      Menentukan prioritas
·         Waktu Melakukannya
1.      Membuat estimasi waktu
2.      Membuat jadwal
3.      Fleksibel

PERENCANAAN DAN INSTRUKSI PELAJARAN TEACHER-CENTERED

Perencanaan Pelajaran Teacher-Centered
1.      Menciptakan sasaran behavioral
Sasaran behavioral (behavioral objectives) adalah pernyataan yang menyatakan perubahan dalam perilaku murid untuk mencapai tujuan kinerja yang diharapkan.
Behavioral mengandung tiga bagian :
·         Perilaku murid
·         Kondisi di mana perilaku terjadi
·         Kriteria kinerja
2.      Menganalisis tugas
Analisis tuga adalah memecah tugas kompleks yang dipelajari murid menjadi komponen-komponen. Analisis ini dapat melalui tiga langkah dasar :
·         Menentukan keahlian atau konsep yang diperlukan murid untuk mempelajari tugas.
·         Mendaftar materi yang dibutuhkan untuk melakukan tugas.
·         Mendaftar semua komponen tugas yang harus dilakukan.
3.      Menyusun taksonomi instruksional
Taksonomi adalah sistem klasifikasi. Taksonomi Bloom dikembangkan oleh Benjamin Bloom dan rekannya, taksonomi bloom terdiri menjadi tiga domain yaitu :
·         Domain kognitif, mengandung enam sasaran yaitu : pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi.
·         Domain afektif, terdiri lima sasaran yaitu : penerimaan, respons, menghargai, pengorganisasian, dan menghargai karakteriasi.
·         Domain psikomotor, terdiri dari enam sasaran yaitu : gerak refleks, gerak fundamental dasar, kemampuan perseptual, kemampuan fisik, gerakan terlatih, dan perilaku nondiskusif.

Instruksi Langsung
 Instruksi langsung (direct instruction) adalah pendekatan teacher-centered yang terstruktur yang dicirikan oleh arahan dan kontrol guru, ekspektasi guru yang tinggi atas kemajuan murid, maksimalisasi waktu yang dihabiskan murid untuk tugas-tugas akademik, dan usaha oleh guru untuk meminimalkan pengaruh negatif terhadap murid.

Strategi Instruksional Teacher-Centered
1.      Mengorientasikan
2.      Advance organizer
3.      Comparative advance organizer
4.      Pengajaran, penjelasan, dan demonstrasi
5.      Pertanyaan dan diskusi
6.      Mastery learning
7.      Seatwork
8.      Pekerjaan rumah

Mengevaluasi Instruksi Teacher-Centered
·         Jadilah perencana yang rapi dan ciptakan sasaran instruksional
·         Selalu berharap agar murid mendapatkan kemajuan
·         Luangkan waktu untuk memberikan orientasi pelajaran.
·         Gunakan metode lecturing
·         Libatkan murid dalam pembelajaran
·         Suruh murid mengerjakan seatwork
·         Beri pekerjaan rumah kepada murid

PERENCANAAN DAN INSTRUKSI PELAJARAN LEARNER-CENTERED

Prinsip Learner-centered
Intruksi dan perencanaan learner-centered adalah pada siswa, bukan guru. Dalam sebuah studi, persepsi murid terhadap lingkungan pembelajaran yang positif dan hubungan interpersonal dengan guru merupakan faktor yang memperkuat motivasi dan prestasi murid. Prinsip learner-centered yang dikembangkan oleh American Psychological Association (APA) diklasifikasikan berdasarkan empat faktor :
1.      Faktor kognitif dan metakognitif
·         Sifat proses pembelajaran
·         Tujuan proses pembelajaran
·         Konstruksi pengetahuan
·         Pemikiran strategis
·         Memikirkan tentang pemikiran
·         Konteks pembelajaran
2.      Faktor motivasi dan emosional
·         Pengaruh motivasi dan emosi terhadap pembelajaran
·         Motivasi intrinsic untuk belajar
·         Efek motivasi terhadap usaha
3.      Faktor sosial dan developmental
·         Pengaruh perkembangan pada pembelajaran
·         Pengaruh sosial terhadap pembelajaran
4.      Faktor perbedaan individual
·         Perbedaan individual dalam pembelajaran
·         Pembelajaran dan diversitas
·         Standar dan penilaian

Beberapa Strategi Instruksional Learner-Centered
1.      Pembelajaran berbasis problem
Menekankan pada pemecahan problem kehidupan nyata. Kurikulum berbasis problem akan memberi problem riil kepada murid, yakni problem yang muncul dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Pertanyaan esensial
Pertanyaan esensial adalah pertanyaan yang merefleksikan inti dari kurikulum, hal paling penting yang haru dieksplorasi dan dipelajari oleh murid.
3.      Pembelajaran penemuan (discovery learning)
Pembelajaran penemuan adalah pembelajaran dimana murid menyusun pemahaman sendiri. Penemuan dengan bimbingan (guided discovery learning) adalah dimana murid didorong untuk menyusun sendiri pemahamannya, tetapi juga dibantu dengan pertanyaan dan pengarahan dari guru.

TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN

Revolusi Teknologi
Adalah bagian dari masyarakat informasi dimana kita kini hidup. Orang menggunakan komputer, bolpoin, surat, dan telepon untuk berkomunikasi.
Internet
Adalah inti dari komunikasi melalui komputer. Sistem internet berisi ribuan jaringan komputer yang terhubung di seluruh dunia, menyediakan informasi yang tak terhingga yang dapat diakses murid.
·         World Wide Web (Web) adalah sistem pengambilan informasi hypermedia yang menghubungkan berbagai materi internet.
·         Website adalah lokasi individu atau organisasi di internet. Website menampilkan informasi yang dimasukkan oleh individu atau organisasi.

·         E-mail adalah bagian penting dari internet. Pesan dapat dikirim dan diterima dari individu atau dari banyak individu sekaligus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar